Definisi Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Ini adalah komponen dari sistem perangkat lunak Microsoft Office, melainkan juga dijual sebagai produk standalone dan dimasukkan ke dalam Microsoft Works Suite. Versi terbaru adalah Microsoft Office Word 2010 untuk Windows dan Microsoft Office Word 2011 untuk Mac.


Sejarah dan Perkembangan : 1981-1995
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Tahun 1990-1995

Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

Microsoft Word untuk Windows sejak tahun 1995

Word 95 for Windows versi 32-bit pertama dirilis dengan Office 95 bersamnaan dengan Windows 95. Ini adalah pelabuhan langsung dari Word 6.0 dan memperkenalkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah coretan merah menggaris bawahi spell-checking . Dimulai dengan Word 95, Word rilis diberi nama setelah tahun dari rilis, bukan nya nomor versi . Word 2010 memungkinkan kustomisasi lebih dari Ribbon, menambahkan Backstage tampilan untuk manajemen file, meningkatkan navigasi dokumen, membuat screenshot, dan terintegrasi dengan Word Web App
Microsoft Word untuk Mac sejak tahun 1995

Pada tahun 1997, Microsoft membentuk Unit Bisnis Macintosh sebagai kelompok independen dalam Microsoft berfokus pada menulis perangkat lunak untuk Mac. Versi pertama dari Word, Word 98, dirilis dengan Office 98 Macintosh Edition. Dokumen kompatibilitas mencapai paritas dengan Word 97, dan termasuk fitur dari Word untuk Windows 97, termasuk ejaan dan tata bahasa memeriksa dengan coretan . Pengguna dapat memilih menu dan cara pintas keyboard untuk menjadi serupa dengan baik Word 97 untuk Windows atau Word
5 untuk Mac.

Word 2001, dirilis pada tahun 2000, menambahkan beberapa fitur baru, termasuk Office Clipboard, yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menyisipkan beberapa item. Ini adalah versi terakhir yang berjalan di Mac OS dan, di Mac OS X, maka hanya bisa dijalankan dalam Classic Environment. Word X, dirilis pada tahun 2001, adalah versi pertama untuk menjalankan native, dan diperlukan, Mac OS X, dan memperkenalkan non-contiguous pemilihan teks.

Word 2004 dirilis pada Mei 2004. Ini termasuk Layout tampilan Notebook baru untuk mengambil catatan baik dengan mengetik atau suara. Fitur-fitur lainnya, seperti perubahan pelacakan, dibuat lebih mirip dengan Office untuk Windows.

Word 2008, dirilis pada tanggal 15 Januari 2008, termasuk fitur Ribbon-seperti, yang disebut Element Galery, yang dapat digunakan untuk memilih layout halaman dan menyisipkan diagram dan gambar. Ini juga termasuk pandangan baru difokuskan pada tata letak penerbitan, manajemen terpadu bibliografi, dan dukungan untuk format Office Open XML yang baru. Ini adalah versi pertama untuk menjalankan secara native di Mac berbasis Intel Word 2011, dirilis pada bulan Oktober 2010, diganti. Element Galeryyang mendukung user interface Ribbon yang jauh lebih mirip dengan Office untuk Windows,  dan termasuk modus layar penuh yang memungkinkan pengguna untuk fokus pada membaca dan menulis dokumen, dan dukungan untuk Office Web Apps.
File formats

Format asli file Microsoft Word  berekstensi .doc atau docx.
Secara Default ekstensi ". Doc" telah digunakan dalam berbagai versi Word, namun ada ekstensi lain yang terdapat pada Microsoft Word antara lain :
1.
Word untuk DOS
2. Word untuk Windows 1 dan 2; Word 4 dan 5 untuk Mac
3. Word 6 dan Word 95 untuk Windows; Word 6 untuk Mac
4. Word 97, 2000, 2002 dan 2003 untuk Windows, Word 98, 2001, X, dan 2004 untuk Mac

Ekstensi "docx." menandakan Office Open XML standar internasional untuk dokumen Office dan digunakan oleh Word 2007 dan 2010 untuk Windows, Word 2008 dan 2011 untuk Macintosh, serta oleh meningkatnya jumlah aplikasi dari vendor lain, termasuk OpenOffice.org Writer, open source word.

Microsoft tidak menjamin tampilan yang benar dari dokumen pada workstation yang berbeda, bahkan jika dua workstation menggunakan versi yang sama dari Microsoft Word, terutama karena tata letak halaman bergantung pada printer saat ini. Ini berarti ada kemungkinan dokumen yang dilihat penerima mungkin tidak persis sama sebagai dokumen yang dilihat pengirim.

Selama 1990-an dan awal 2000-an, format default Word (. DOC) menjadi format file standar dokumen untuk pengguna Microsoft Office. Meskipun biasanya hanya disebut sebagai " Word Document Format", istilah ini merujuk pada berbagai format yang digunakan secara default pada Word versi 97-2003.

File dokumen Word dengan menggunakan Word 97-2003 Binary Format file menerapkan OLE (Object Linking dan Embedding) penyimpanan terstruktur untuk mengelola struktur format file mereka. OLE berperilaku mirip sistem file drive konvensional keras dan terdiri dari beberapa komponen kunci. Setiap dokumen Word terdiri dari apa yang disebut "blok besar" yang hampir selalu (tetapi tidak harus) potongan 512-byte; maka ukuran file dokumen Word akan dalam banyak kasus menjadi kelipatan dari 512.

microsoft telah mempublikasikan spesifikasi Format file Word 97-2003. Namun, spesifikasi ini dikritik karena tidak mendokumentasikan semua fitur yang digunakan oleh format file Word.

Word 2007 dan 2010 terus mendukung format file DOC, meskipun tidak lagi default

Fitur dan kelemahan

Word memiliki built-in spell checker, thesaurus, dictionary, Office Assistant dan utilities untuk transfer file, copy, paste and edit text, such as PureText.

WordArt
memasukkan teks gambar dalam dokumen Microsoft Word seperti judul, watermark, atau teks lain, dengan efek grafis seperti miring, membayangi, berputar, peregangan dalam berbagai bentuk dan warna dan bahkan termasuk efek tiga dimensi, mulai dari versi 2007, dan di Office2010. Pengguna dapat menerapkan efek format seperti bayangan, bevel, cahaya, dan teks dokumen dapat sibuat tebal atau garis bawah dengan mudah. Pengguna juga dapat memeriksa ejaan teks yang menggunakan efek visual, dan menambahkan efek teks ke style paragraf.

Macro

Seperti dokumen Microsoft Office lainnya, dapat mencakup file Word macro canggih. Pada  awalnya WordBasic, namun berubah menjadi Visual Basic for Applications sebagai Word 97.
fungsi ini juga dapat digunakan untuk menjalankan dan menyebarkan virus dalam dokumen. Kecenderungan orang untuk bertukar dokumen Word melalui email, USB flash drive, dan floppy disk membuat sebuah vektor ini sangat menarik pada tahun 1999. Sebuah contoh menonjol adalah virus Melissa, tetapi yang lain tak terhitung jumlahnya telah ada di alam liar. Hampir semua perangkat lunak anti-virus dapat mendeteksi dan membersihkan virus makro umum.

Virus makro ini adalah cross-platform hanya dikenal ancaman antara Windows dan komputer Macintosh dan mereka adalah vektor infeksi hanya untuk mempengaruhi Mac OS X sistem sampai munculnya trojan video codec pada tahun 2007. Microsoft merilis patch untuk Word X dan Word 2004 yang secara efektif menghilangkan masalah makro pada Mac tahun 2006.

Bullets and Numbering

Word memiliki fitur bullets and bumbering yang digunakan untuk tabel, daftar, halaman, bab, header, catatan kaki, dan tabel konten. Bullets and Numbering dapat diterapkan secara langsung atau menggunakan tombol atau dengan menerapkan gaya atau melalui penggunaan template. Beberapa masalah dengan penomoran telah ditemukan di Word 97-2003. Contohnya adalah sistem Word untuk mengulang penomoran . Bullets and Numbering sistem telah secara signifikan dirombak untuk Office 2007, yang dimaksudkan untuk mengurangi masalah ini. Sebagai contoh, Office 2007 tidak dapat menyelaraskan tab untuk multi-level daftar nomor. Seringkali, item dalam daftar akan dipisahkan dari nomor misterius daftar mereka oleh satu sampai tiga tab. Masalah-masalah ini tidak dapat diselesaikan bahkan oleh pengguna ahli. Masalah Bullets and Numbering di Word meliputi: karakter bullets sering berubah dan diubah, indentasi berubah dalam daftar yang sama

Membuat tabel

Pengguna juga dapat membuat tabel di MS Word. Tergantung pada versi, Word dapat melakukan perhitungan sederhana serta menggunakan Rumus.

Word untuk Mac tidak memiliki dukungan OLE lengkap PDF

Pada versi 2011, Word untuk Mac tidak mendukung OLE PDF (Object Linking dan Embedding). Dukungan PDF di Word untuk Mac hanya terbatas satu halaman. karena hal ini tidak ada hubungannya dengan OLE PDF. Akibatnya, file PDF yand ada dalam dokumen Word pada sistem Windows (dapat satu atau set lengkap halaman) tidak dapat dibuka di Word untuk Mac.

Fitur Unggulan

  • AutoCorrect
  • MailMerge
  • Autopage Index
  • Macro
  • Auto Formating
  • HTML editor
  • Booklet layout
  • Wysiwyg
  • Mendukung format XML dan ODF (Word 2010)

Versi Word untuk Microsoft Windows
Tahun Rilis
Nama
Versi
Keterangan
1989
Word For Windows 1.0
1.0
Nama Kode Opus
1990
Word For Windows 1.1
1.1
Nama Kode Bill the Cat
1990
Word For Windows 1.1a
1.1a
For Windows 3.1
1991
Word For Windows 2.0
2.0
Nama Kode Spaceman Spiff
1993
Word For Windows 6.0
6.0
Nama Kode T3 (6 dinomori ulang untuk membawa versi Windows penomoran sejalan dengan versi DOS, dan juga Macintosh WordPerfect, yang bersaing utama Word Processor pada saat itu; juga versi 32-bit hanya untuk Windows NT
1995
Word 95
7.0
Termasuk dalam Office 95
1997
Word 97
8.0
Termasuk dalam Office 97
1998
Word 98
8.5
Hanya dijual sebagai bagian dari Office 97 Powered By Word 98, yang hanya tersedia di Jepang dan Korea.
1999
Word 2000
9.0
Terdapat pada Office 2000
2001
Word 2002
10.0
Terdapat pada Office XP
2003
Office Word 2003
11.0
Terdapat pada Office 2003
2006
Office Word 2007
12.0
Terdapat pada Office 2007, dirilis untuk bisnis 30 Nopember 2006, dirilis untuk  konsumen diseluruh dunia 30 Januari 2007
2010
Word 2010
14.0
Terdapat pada Office 2010
Versi Word untuk Macintosh (Mac OS dan Mac OS X
Tahun Rilis
Nama
Keterangan
1985
Word 1

1987
Word 3

1989
Word 4
Bagian dari Office 1.0 dan 1.5
1991
Word 5
-      Bagian dari Office 3.0
-      Membutuhkan Sistem 6.0.2, 512 KB RAM (1 MB untuk 5.12 MB untuk menggunakan spell check and thesaurus), 6,5 MB ruang hard drive yang tersedia
1992
Word 5.1
-      Bagian dari Office 3.0
-      Versi terakhir support 68000-based Macs
1993
Word 6
-      Bagian dari Office 4.2
-      Share Code dan User Interface dengan Word untuk Windows 6
-      Membutuhkan Sistem 7.0, 4 MB RAM (8 MB diutamakan), 10 MB ruang hard drive yang tersedia, 68020 CPU.
1998
Word 98
-      Bagian dari Office 98 Mancintosh Edition
-      Membutuhkan Sistem PowerPC-based Mac
2000
Word 2001
-      Bagian dari Microsoft Office 2001
-      Kompatibel dengan versi terakhir Classic (OS 9 atau sebelumnya) Mac OS
2001
Word v. X
-      Bagian dari Office v. X
-      Versi pertama hanya untuk Mac OS X
2004
Word 2004
Bagian dari Office 2004
2008
Word 2008
Bagian dari Office 2008
2010
Word 2011
Bagian dari Office 2011
Versi Word untuk MS-DOS
Tahun Rilis
Nama
Keterangan
1983
Word 1

1985
Word 2

1986
Word 3

1987
Word 4

1989
Word 5

1991
Word 5.1

1991
Word 5.5
Versi DOS pertama antarmuka pengguna seperti Windows
1993
Word 6.0

Versi Word untuk Atari ST
Tahun Rilis
Nama
Keterangan
1988
Microsoft Write
Konversi dari Microsoft Word 1,05 untuk Mac
Versi Word untuk OS/2
Tahun Rilis
Nama
Keterangan
1992
Microsoft Word For OS/2 Version 1.1B


Referensi :
http://id.wikipedia.org/

Posted in by Tri Azka. Comments Off

Comments are closed.